4 HAL PENTING MENGENAL ILMU FIQIH

4 HAL PENTING MENGENAL ILMU FIQIH

Ilmu fiqih diantara ilmu yang sangat penting untuk kita pelajari. Berikut ini 4 hal penting dalam mengenal ilmu fiqih,

Pertama: Pengertian Fiqih

Fikih secara bahasa bermakna al Fahmu (paham/mengerti).

Adapun secara istilah, makna fikih adalah ilmu tentang hukum-hukum syariat yang bersifat amaliah yang disarikan dari dalil-dalilnya yang terperinci.

Kedua: Sumber Ilmu Fikih

Sumber pokok ilmu fikih adalah

1. Al Qur’anul Karim
2. As-Sunnah yang suci
3. Ijma, dan
4. Qiyas.

Ketiga: Yang Dibahas Ilmu Fikih

Ilmu fiqih membahas dua hal, yaitu permasalahan ibadah dan muamalah.

1. Permasalahan ibadah.
Seperti shalat, zakat, puasa, haji, dan sebagainya.

2. Permasalahan Muamalah.

Yang ringkasnya sebagai berikut:

1) Hukum-hukum kekeluargaan, dari awal pembentukan keluarga hingga berakhirnya. Hukum ini mencakup hukum-hukum nikah, talak, nasab, nafkah, warisan, dan lain-lain.

2) Hukum-hukum muamalah harta (madaniyah), hukum ini berkaitan dengan muamalah antar individu dan transaksi berupa jual beli, sewa-menyewa, perserikatan, dan lain-lain.

3) Hukum-hukum kriminalitas. Hukum ini berkaitan dengan tindak kejahatan dan pelanggaran yang dilakukan oleh Mukallaf serta hukuman yang berhak ia terima.

4) Hukum-hukum pengaduan dan peradilan. Hukum ini berkaitan dengan peradilan dalam kasus sengketa dan dakwaan, metode penetapan, dan sebagainya.

5) Hukum-hukum kenegaraan. Hukum ini berkaitan dengan pengaturan hubungan negara Islam dengan selain negara Islam dalam masa damai dan dalam masa perang, serta pengaturan hubungan nonmuslim yang menjadi warga negara dengan negara Islam. Hukum ini juga mencakup jihad dan ikatan-ikatan perjanjian.

Keempat: Buah Ilmu Fikih

Mengetahui fikih dan mengamalkannya memberikan buah berupa kebaikan dan kelurusan mukalaf, keabsahan ibadah yang ia lakukan, dan kelurusan perangainya.

Apabila setiap individu telah menjadi orang yang saleh. Buah yang diraih di dunia adalah kebahagiaan dan ketenteraman hidup, sedangkan buah di akhirat adalah keridhaan Allah dan jannah-Nya. (akhwat.net)

Sumber bacaan:
Al Fiqhu Al Muyasar (Fiqih Ringkas)