MANFAAT AIR JAHE BAGI KESEHATAN

Manfaat Air Jahe Bagi Kesehatan

Sahabat Akhwat.Net yang dirahmati Allah subhanahu wa ta’ala, di musim hujan seperti ini enaknya minum air jahe hangat yaa… Selain nikmat, air jahe juga dapat menghangatkan tubuh. Tidak hanya itu, ternyata air jahe juga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi kesehatan, terlebih jika diminum secara rutin, biidznillah.

Tanaman rimpang yang memiliki nama latin Zingiber officinale ini memiliki rasa pedas yang khas yang disebabkan oleh senyawa Keton bernama Zingeron. Kenapa jahe kaya akan manfaat? Karena jahe memiliki kandungan senyawa kimia seperti Phenolic, Gingerol, Fenol, Gingerdione, Zingeron, Oleoresin dimana komponen aktif tersebut berperan untuk mengatasi masalah kesehatan seperti penjelasan berikut:

  1. Mengatasi Masalah Pencernaan
    Kandungan Phenolic dalam jahe berfungsi untuk meredakan gejala iritasi Gastrointestinal, menstimulasi air liur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakan makanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai Carminative, suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada di sistem pencernaan Anda.
  2. Mengurangi Rasa Mual
    Minum air jahe juga bermanfaat untuk meredakan mual-muntah, termasuk yang muncul sebagai efek samping pemulihan setelah operasi, kemoterapi, dan kehamilan (morning sickness)
  3. Mengurangi Rasa Sakit
    Gingerol dan Fenol, senyawa kimia yang terkandung dalam jahe, bersifat anti-nyeri yang bisa meredakan rasa sakit. Keduanya berkhasiat meredakan gejala iritasi lambung, meredakan kram perut menstruasi, hingga nyeri otot setelah berolahraga
  4. Membantu Proses Detoksifikasi dan Mencegah Penyakit Kulit
    Jahe merupakan salah satu jenis makanan yang disebut Diaphoretic yaitu jahe dapat memicu keluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saat Anda sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringat juga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit.
  5. Melindungi Anda dari Kanker
    Salah satu kandungan dalam manfaat jahe yang berperan dalam mencegah kanker adalah Gingerol yang bekerja mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar, mencegah pembentukan, penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.
  6. Anti Peradangan
    Gingerol ternyata juga bersifat Anti-inflamatori. Ini karena sejumlah komponen aktif dalam jahe, seperti Gingerol, Gingerdione, dan Zingeron bekerja menurunkan zat alami pemicu peradangan dalam tubuh. Jahe juga mengandung Oleoresin yang bekerja melawan peradangan. Mengkonsumsi jahe tidak hanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagian yang sakit. Hal ini menjelaskan mengapa mereka yang menderita penyakit persendian seperti Osteoarthritis dan Rematik melaporkan berkurangnya rasa sakit setelah mengonsumsi air jahe secara teratur.
  7. Kaya Antioksidan Untuk Perangi Risiko Penyakit Kronis
    Jahe kering adalah sumber antioksidan tinggi yang berpotensi melindungi Anda dari efek buruk radikal bebas. Radikal bebas diketahui menjadi faktor risiko dari berbagai penyakit kronis seperti tumor, kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, gangguan saraf terkait usia (Alzheimer, Parkinson, dan penyakit Huntington) hingga penuaan dini.
  8. Mengendalikan Kadar Gula Drah Diabetes
    Sudah banyak penelitian yang melaporkan jahe mampu menurunkan kadar gula darah dan membantu mengatur respon Insulin pada penderita Diabetes. Sifat antiradang dalam jahe juga dapat mencegah komplikasi Diabetes, seperti Retinopati, penyakit jantung, dan stroke. Peneliti melaporkan bahwa manfaat ini akan terasa lebih menguntungkan ketika air jahe dicampur dengan bubuk kayu manis
  9. Menurunkan Berat Badan
    Jahe mampu mengendalikan kadar gula darah dan Kolesterol, serta meningkatkan laju metabolisme sehingga tubuh lebih efektif membakar lemak. Dengan rutin minum air jahe panas/hangat setelah sarapan, hal ini dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama daripada hanya makan pagi saja.

Tentu semua khasiat ini dengan izin Allah. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bishshawwab