BERLINDUNG DARI BERBAGAI KEBURUKAN

Berlindung dari Berbagai Keburukan

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ، وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ، وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ، وَضَلَعِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari (hal yang) menyedihkan dan menyusahkan, dari sifat lemah, malas, bakhil, dan penakut, dan dari lilitan hutang, dan penindasan orang.”
(HR. Al Bukhari dan Muslim, dari Sahabat Anas bin Malik radhiyallaahu ‘anhu)

•°•°•°•

Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallam memohon perlindungan dari hal-hal yang dapat menyusahkan kehidupan dari segala sisi; akal, jasmani, jiwa, dan kalbu.

Sifat-sifat buruk yang kita berlindung darinya ini, dapat melemahkan badan dan membuat kerancuan akal sehingga seseorang terluput dari kebaikan yang banyak, serta dapat melalaikan hati dari berbagai ketaatan dan kewajiban.

Lilitan hutang dapat menyebabkan seseorang melenceng dari jalan yang lurus, melalaikan dari pelaksanaan ibadah secara sempurna, bahkan mendorong seseorang melakukan hal yang tercela dalam syariat seperti berdusta dan ingkar janji.

Kita pun berlindung dari penindasan orang lain karena kekuasaan dan kezaliman mereka, berlindung dari kekalahan tanpa hak yang dapat menunjukkan kelemahan dan kerendahan diri.

Sepatutnya bagi setiap muslim untuk banyak bermunajat kepada Allah dengan do’a yang mulia ini, terutama pada zaman sekarang ini.
Wallahul musta’an

Majalah Qonitah edisi 23/ vol. 02/ 1436 H – 2015 M.