NASIHAT ISTRI UNTUK SUAMI

💬🌹 Nasihat Istri Untuk Suami 🚒

🥾 Suami, adalah manusia biasa yang terkadang berbuat salah. Dia tidaklah maksum, sehingga senantiasa benar dalam tindak tanduknya. Terkadang ia berbuat benar, di waktu lain ia terjatuh dalam sebuah kesalahan.

Wajar adanya, bila dalam kehidupan rumah tangga, terjadi perselisihan dengan sebab kesalahan dari suami. Sebagaimana wajar pula bila muncul perselisihan yang disebabkan dari sisi sang istri.

🕶👓 Pernikahan adalah menyatukan dua pihak yang sama-sama tidak terbebas dari kesalahan. Oleh karenanya, dalam kehidupan rumah tangga pasti akan ada riyak dan gelombang yang muncul untuk menguji kehidupan rumah tangga tersebut.

🔊 Disinilah pentingnya sebuah nasihat saat melihat adanya ketergelinciran pada pasangan kita. Suami menasihati sang istri dan sang istripun menasihati suami. Namun, ada kesempatan ini kita akan menitik beratkan tentang nasihat yang datang terkhusus dari pihak istri kepada suaminya.

💬 Dalam memberikan nasihat kepada suami, hendaknya seorang istri tidak seenaknya atau melakukannya seperti ia menasihati orang lain. Namun, hendaknya seorang wanita melakukannya dengan cara yang terbaik agar nasihat tersebut diterima. Bukan justru memunculkan mafsadah atau kerusakan dalam rumah tangga yang tidak diinginkan. Sehingga wahai istri, pelajarilah adab yang baik dalam menasihati suami kalian.

🥾🗝 SUAMIMU, RAJA BAGIMU 🗝🥾

📍 Ingatlah wahai istri, suamimu adalah raja bagimu. Ia memiliki kedudukan tinggi disisimu. Bahkan, pergaulan istri terhadap suaminya akan mempengaruhi dunia dan akhiratnya.

Ridha suami menjadi tolak ukur kesuksesan kehidupan akhirat sang istri. Tengoklah apa yang diceritakan oleh Hushain bin Mihshan beliau bercerita bahwa bibinya bercerita,
“Aku pernah datang menemui Rasulullah صلى الله عليه وسلم untuk sebuah keperluan. Rasulullah صلى الله عليه وسلم berkata, ‘Apakah engkau punya suami?’

Aku menjawab, ‘Iya.’

Rasulullah صلى الله عليه وسلم kembali bertanya, ‘Bagaimana ketaatanmu kepadanya?’

Aku menjawab, ‘Aku tidak pernah meremehkan ketaatan dan pengabdiannya, kecuali jika aku tidak mampu.’

Rasulullah صلى الله عليه وسلم menjawab, ‘Lihatlah dirimu, sejauh mana kedudukan mu dimata suamimu. Dia adalah surga dan neraka bagimu.'”

[sanad hadis dinyatakan shahih dalam Adabuz Zifaf, oleh Syaikh Al Albani]

✅ Dalam bersikap dengan seseorang yang memiliki kedudukan atas dirinya, seorang istri harus pandai mengatur cara dalam menasihati suaminya apabila berbuat salah.

🤚🏻❌ Tidak selayaknya seorang istri membentak suami, atau bersuara tinggi dihadapan suaminya, walaupun suaminya berbuat salah. Apabila hukum asal nasihat sesama muslim adalah dengan lemah lembut, tentu nasihat seorang istri terhadap suami lebih pantas dilakukan dengan cara yang lembut. Sungguh sangat wajar apabila seorang suami merasa marah dengan si istri yang menasihatinya dengan kasar dan keras. Nasihat yang tanpa disertai etika yang baik dan metode yang tepat, padahal kehidupan sang istri tersebut berada dibawah tanggungan suaminya.

Terlebih lagi, apabila nasihat ini ia sampaikan dihadapan anak-anak mereka atau bahkan disaksikan orang umum. Tentu sang suami akan kehilangan kehormatan dan wibawa dihadapan anak-anak mereka, atau dihadapan orang tua, atau dihadapan saudaranya. Sehingga nasihat sang istri, tidak akan mudah diterima suami, bahkan bisa jadi menjadikan suaminya benci kepada dirinya. Hal ini semisal kita menasihati seseorang yang memiliki kedudukan dimata manusia lalu kita menasihatinya dihadapan mereka.

✏ Al Imam Asy Syafi’i mengatakan,
“Barang siapa menasihati saudaranya dengan sembunyi-sembunyi, berarti ia telah menasihati dan mengindahkannya. Barang siapa menasihati dengan terang-terangan, berarti ia telah mempermalukan dan memburukkannya.”
(Syarah Shahih Muslim An-Nawawi (2/24)).

Ini adalah hukum umum antara manusia satu dengan lain. Bagaimana kiranya apabila muncul hal ini dari seorang istri dihadapan suami. Sedangkan keadaan istri dibawah naungan, penjagaan dan pengaturan suaminya.

[Ustadz Hammam]
Sumber: Majalah Tashfiyah Edisi 75 Vol. 07 1439 H/2018 M (hal. 107-109)