KUTU RAMBUT MEMPERLAMBAT KINERJA OTAK?

📌Kutu Rambut Memperlambat Kinerja Otak?

❓Pertanyaan:

Bismillah. Afwan, karena santri asrama mayoritasnya mempunyai kutu rambut, ana mau bertanya sedikit. Apakah kutu rambut lebih suka tinggal di rambut yang kotor, cenderung berminyak dan berketombe, atau di rambut yang bersih?

Mengenai hal ini, kutu yang mengisap darah di kepala apakah bisa memperlambat kinerja otak atau ini mitos belaka?

Mohon keterangan dan solusinya.
Jazakumullaahu khairan wa barakallaahu fikum.

🔑 Dijawab oleh dr. Ramzi Syamlan, Sp.A.:

“Kutu rambut merupakan parasit yang hidup dengan memakan darah, hanya hidup di kepala manusia, tidak dapat melompat dan tidak punya sayap.

Hewan ini bisa menyebar melalui kontak kepala-kepala menusia yang terinfeksi atau melalui sisir, bando dan pita rambut, topi, handuk, bantal, kasur, dan kerudung/jilbab.

Kutu rambut banyak menyerang anak-anak perempuan dengan rambut panjang, cepat menyebar dalam lingkungan yang padat, dan dipengaruhi juga oleh kebersihan yang kurang, misalnya jarang mencuci rambut.

Gejala klinis utamanya adalah rasa gatal di kepala. Kelainan kulit kepaka dan infeksi sekunder timbul karena garukan kulit kepala.

Pada anak yang terinfeksi kronis, dapat timbul anemia yang akan membuat anak-anak lesu dan mengantuk. Kondisi ini memengaruhi prestasi belajar dan fungsi kognitifnya, serta menimbulkan gangguan tidur dan gangguan psikologis karena malu.

Pencegahan infeksi kutu rambut adalah dengan menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut dengan cuci rambut minimal sekali dalam dua hari dan tidak menggunakan sisir, topi, atau handuk bersama dengan orang lain.

Wallaahu ta’ala a’lam

Sumber: Majalah Qonittah Edisi 35/vol.03/1439H-2018M (hal. 94-95)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *