MENUMBUHKAN CINTA DI HARI RAYA

🌹🌤 Menumbuhkan Cinta di Hari Raya 🌤🌹

✏ Dari Jabir, ia berkata:

”Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila di hari Id, beliau mengambil jalan yang berbeda.

(Shahih, HR. Al-Bukhari Kitab Al-’Idain di Bab Man Khalafa Thariq Idza Raja’, Fathul Bari karya Ibnu Hajar, 2/472986, karya Ibnu Rajab, 6/163 no. 986)

✏ Ibnu Rajab berkata:
“Banyak ulama menganggap sunnah bagi imam atau selainnya, bila pergi melalui suatu jalan menuju Shalat Id maka pulang dari jalan yang lainnya. Dan itu adalah pendapat Al-Imam Malik, Ats-Tsauri, Asy-Syafi’i dan Ahmad. Dan seandainya pulang dari jalan itu, maka tidak dimakruhkan.”

Para ulama menyebutkan beberapa hikmahnya, di antaranya agar lebih banyak bertemu sesama muslimin untuk memberi salam dan menumbuhkan rasa cinta.
(Fathul Bari karya Ibnu Rajab, 6/166-167. Lihat pula Zadul Ma’ad, 1/433)

💬🌷 Selain saling memberi salam, seorang muslim yang bertemu saudaranya ketika hari raya juga bisa saling mengucapkan selamat hari raya. Seperti yang dicontohkan para sahabat pada zaman Rasulullah.

✏ Ibnu Hajar mengatakan:
“Kami meri-wayatkan dalam Al-Muhamiliyyat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair bahwa ia berkata:

“Para shahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bila bertemu di hari Id, sebagian mereka mengatakan kepada sebagian yang lain: “Semoga Allah menerima (amal) dari kami dan dari kamu.”
(Lihat pula masalah ini dalam Ahkamul ‘Idain karya Ali Hasan hal. 61, Majmu’ Fatawa, 24/253, Fathul Bari karya Ibnu Rajab, 6/167-168)

Sumber: https://salafy.or.id/blog/2014/07/27/meneladani-nabi-dalam-beriedul-fitri/ | Salafy.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *