SAAT MEMASUKI PASAR

🎡 Saat Memasuki Pasar 🎡

✏ Dari Umar bin al-Khaththab radhiyallaahu ‘anhu, Rasulullaah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda,

“Barangsiapa masuk pasar lalu mengucapkan,

لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ، يُحْيِي وَيُمِيتُ، وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوتُ، بِيَدِهِ الْخَيْرُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

‘Tiada ilah yang berhak disembah kecuali Allah semata, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia-lah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dia-lah Yang Hidup dan tidak akan mati. Di tangan-Nya terdapat kebaikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.’

Niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat.”

(HR. At-Tirmidzi [5/291] no. 3429, al-Hakim [1/538], Ibnu Majah no. 2235; dinyatakan hasan oleh Syaikh al-Albani) dalam riwayat Ahmad terdapat tambahan, “…dan Allah membangunkan rumah baginya di surga.”

✓ Sungguh, keutamaan yang sangat agung! Sebagaimana pohon hijau di antara pohon-pohon yang kering.

🥀 Di antara orang-orang yang sibuk dengan perdagangan dan usaha mereka, banyak yang lalai dari mengigat Rabb mereka. Banyak kebatilan terjadi (penipuan, dusta, sumpah palsu, kecurangan dalam penimbangan, dsb).

☝🏻 Jadilah kita termasuk orang-orang yang senantiasa mengingat Allah subhanahu wa ta’ala dimanapun berada, selisihilah mereka yang lalai, niscaya akan kita dapati pahala yang agung ini. Agungkanlah Allah. Dia-lah Dzat pemilik karunia yang agung.

🚗💨💨 “Bergegaslah pergi dari sana setelah selesai urusan, karena pasar adalah tempat yang paling dibenci oleh Allah.”
(HR. Muslim no. 671 dari Abu Hurairah radhiyallaahu ‘anhu)

(Syarah Hisnul Muslim)

Allaahu ta’ala a’lam.

Majalah Qonitah edisi 6/ vol. 1/ 1434 H – 2013 M.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *