BAGIAN BAWAH PAKAIAN WANITA

📌 Bagian Bawah Pakaian Wanita

❓ Soal:
Termasuk kebiasaan wanita yang syar’i adalah mengenakan pakaian yang panjang. Apabila mereka berjalan di luar rumah, terkadang bagian bawah pakaian mereka bisa terkena najis atau sesuatu yang kotor. Bolehkah mereka shalat mengenakan pakaian tersebut?

🔑 Jawab:

“Dimaklumi bahwa wanita perlu memanjangkan pakaiannya sehingga ujung bawah pakaiannya jatuh ke atas tanah (terkena tanah). Semua itu agar lebih menutupi tubuhnya. Tentu saja hal itu baik dan dituntut dari seorang wanita, karena lebih menutup dan lebih menjaganya.

Mengenai bagian bawah pakaiannya terkena tanah saat ia berjalan, tidak mengapa. Ia boleh shalat mengenakan pakaian tersebut, kecuali ia yakin pakaiannya terkena najis, maka ia hilangkan terlebih dahulu najis tersebut, baru boleh shalat mengenakannya.

Adapun apabila ia tidak tahu pakaiannya terkena najis atau tidak, ia tidak yakin akan hal itu, hukum asal pakaiannya adalah suci, sedangkan bagian bawah pakaiannya yang terkena tanah (sehingga mungkin terlihat kotor karena berdebu) tidak perlu dipermasalahkan. Semata-mata keraguan tidak bisa mengubah hukum pakaian tersebut menjadi ternajisi. Wallahu a’lam.

(Majmu’ Fatawa Fadhilatusy Syaikh, I/215-216)

Dikutip dari rubrik Fatawa Al-Mar’ah Al-Muslimah, Majalah Asy Syariah No. 88/VIII/1433 H/2012, hal: 99-100.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *