💊 BAYI SATU TAHUN, BOLEH DIBERI OBAT CACING?

🧭🧭🧭🧭🧭⏲🧭🧭🧭🧭🧭🧭

💊 BAYI SATU TAHUN, BOLEH DIBERI OBAT CACING?

❓ Soal:
Bismillah. Afwan, Dokter, bolehkan anak umur setahun diberi obat cacing? Anak saya beberapa hari susah makan, kok waktu BAB keluar cacingnya. Setahu saya, obat di pasaran dosisinya untuk anak di atas 2 tahun. Jazakallahu khiran.

✏ Jawab:

Susah makan tidak selalu disebabkan oleh kecacingan. Penyebab sulit makan sangat bervariasi, antara lain penyakit/kelainan organik yang mendasari, interaksi biologis, dan faktor lingkungan, terutama keluarga.

Sulit makan bisa juga disebabkan oleh kesalahan dalam komposisi dan tekstur makanan serta tata cara pemberiannya. Penyebab masalah makan yang paling banyak adalah perilaku makan yang salah.

Penanganan dan pencegahannya adalah dengan penerapan perilaku makan (feeding behavior) yang tepat dengan mengacu pada aturan pemberian makan (feeding rules) yang benar.

Pemberian obat cacing pada umumnya mulai diberikan setelah anak berumur 2 tahun karena anak mulai sering kontak dengan tanah yang merupakan sumber penularan infeksi cacing. Pemberiannya dapat diulang setiap 6 bulan sekali.

Untuk bayi dibawah 2 tahun, pengobatan diberikan jika memang jelas ada tanda-tanda terinfeksi cacing. Sebaiknya, konsultasikan ke dokter untuk penentuan dosisnya.

Diasuh Oleh: Tim KKM Kiswah
Sumber: Majalah Qonittah Edisi 36/vol.3/1440H-2019M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *