MENGHILANGKAN BAU MULUT YANG KURANG SEDAP

🚰 MENGHILANGKAN BAU MULUT YANG KURANG SEDAP

❓ Soal:

Bismillah. Afwan, Dokter, saya mau tanya. Bagaimana cara menghilangkan bau mulut yang tidak enak? Mohon jawabannya. Jazakumullahu khairan wa barakallahu fikum.

✏ Jawab:

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh banyak sebab, tetapi mayoritasnya disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi.

Penyebab lainnya adalah gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut, gangguan saluran pencernaan seperti maag atau penyakit asam lambung (GEERD), sinusitis/infeksi saluran pernapasan, atau penyakit kronis seperti diabetes, diare kronis dan lever. Selain itu, bau mulut juga bisa disebabkan oleh kebiasaan merokok, kurangnya kebersihan mulut, makanan atau minuman tertentu, dan diet yang berlebihan sehingga menyebabkan kekurangan karbohidrat.

Cara menghilangkan bau mulut adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi dengan menyikat gigi dua kali sehari secara teratur, juga membersihkan bagian lidah.

Cek kesehatan gigi setidaknya setiap enam bulan sekali. Berhenti merokok dan hindari konsumsi kopi yang berlebihan.

Minumlah cukup air putih sehingga bakteri dan kotoran lain dalam mulut dapat dengan cepat dibersihkan.

Perhatikan juga apa yang dimakan. Mengonsumsi makanan yang sehat dan makan teratur juga bisa membantu mencegah bau mulut.

Bisa juga digunakan cairan kumur penghilang bau mulut, tetapi biasanya efeknya hanya sementara.

Diasuh Oleh: Tim KKM Kiswah
Sumber: Majalah Qonittah Edisi 36/vol.3/1440H-2019M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *