BERHARAP MASUK SURGA

Berharap Masuk Surga

✒ Dari Sahabat Abdullah bin Amr bin Al Ash radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah bersabda yang artinya,
“Barangsiapa yang ingin agar dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, hendaklah kematian datang dalam keadaan ia beriman kepada Allah dan hari akhir. Hendaklah pula ia memperlakukan orang lain sebagaimana ia senang diperlakukan seperti itu.”
(HR Muslim)

Surga menjadi dambaan bagi setiap mukmin karena berbagai kenikmatan abadi yang ada di dalamnya.

Oleh karena itu, siapapun yang dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka ia termasuk orang yang mendapat keuntungan yang sangat besar.

Hadits di atas menjelaskan amalan yang bisa memasukkan ke dalam surga.

•>> Amalan yang pertama yaitu beriman kepada Allah subhanahu wa ta’ala dan hari akhir. Beriman kepada Allah yaitu meyakini keberadaan Allah, uluhiyah-Nya (hanya Dia semata yang berhak diibadahi), rububiyyah-Nya (Dia-lah pencipta, pengatur, dan pemberi rezeki untuk semua makhluk-Nya), dan nama serta sifat-sifat-Nya Yang Maha Sempurna yang tidak sama dengan makhluk.

••>> Sedangkan beriman kepada hari akhir yaitu meyakini adanya hari kebangkitan manusia dari alam kubur, hari hisab (perhitungan) amalan, surga, neraka, dan semua yang akan terjadi di hari kiamat nanti.

☝🏻 Sudah sepatutnya bagi setiap muslim untuk mempersiapkan diri menghadapi datangnya hari kiamat, yaitu dengan memperbanyak amalan saleh.

•••>> Amalan yang berikutnya adalah berbuat baik kepada sesama manusia. Hendaknya seseorang bergaul dengan cara yang dia senang apabila diperlakukan dengan pergaulan seperti itu. Berbuat baik sebagaimana kita ingin diperlakukan demikian, dan jangan berbuat buruk sebagaimana kita tidak suka jika diperlakukan demikian.

Semoga Allah subhanahu wa ta’ala memudahkan kita semua untuk mengamalkan amalan-amalan tersebut dan memasukkan kita ke dalam surga-Nya. Amin. Allahu a’lam.

Sumber: Majalah Anak Islam AZKA. Edisi 72 Tahun III. 2019M/1441H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *