BERMUKA CERIA

BERMUKA CERIA

Teman-teman, kita dianjurkan agar berbuat baik kepada sesama. Tentu sesuai dengan kemampuan masing-masing. Di antara kebaikan yang sangat mudah dilakukan adalah bermuka ceria ketika bertemu orang lain.

Meskipun mudah, namun pahalanya besar seandainya diniatkan dalam rangka melaksanakan perintah Nabi ﷺ. Masya Allah, setiap hari kita bisa menambah pahala dengan amalan yang mudah.

👍🏻 Muka ceria dan senyuman membuat orang lain merasa senang. Orang akan senang bergaul dan berteman dengan kita.

🥀 Coba bayangkan seandainya seorang selalu murung dan cemberut ketika berjumpa dengan teman atau saudara, tidak mau bertegur sapa atau mengucapkan salam, pasti mereka tidak akan suka dan menjauh darinya.

Ia akan dicap sebagai orang yang sombong dan akhlaknya tidak baik.

✒ Nabi ﷺ pernah bersabda yang artinya,
“Kalian tidak akan bisa menarik simpati orang lain dengan harta kalian. Namun kalian bisa menarik hati mereka dengan wajah yang berseri-seri dan akhlak yang mulia.”

Apalagi ketika seorang berjumpa dengan orang yang lebih tua, atau gurunya. Tentu akhlak mulia ini lebih dianjurkan untuk dilakukan.

Nabi ﷺ selalu menampakkan wajah yang ceria di hadapan kaum muslimin. Sehingga beliau sangat disukai oleh para shahabat. Inilah teladan sempurna bagi setiap muslim. Dengan demikian, wajah ceria dan menebar senyum adalah bagian dari akhlak yang mulia. Mendatangkan pahala dan menumbuhkan kasih sayang antara sesama. Allahu A’lam.

Majalah Anak Islam AZKA Edisi 72 Tahun III. 2019M/1441H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *