TETAP BERSEMANGAT DENGAN TULANG YANG SEHAT

☝🏻👍🏻 Tetap Bersemangat dengan Tulang yang Sehat

Tulang merupakan bagian penyusun tubuh yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Fungsinya yang sangat beragam memberikan sokongan dalam aktivitas kita setiap hari. Dapat dibayangkan bagaimana tubuh kita ini tanpa adanya tulang. Tentu kita sebagai makhluk tidak akan mampu melakukan berbagai gerak dan aktivitas.

Adakalanya, karena kesibukan kita sehari-hari, kita jarang memberikan perhatian yang selayaknya terhadap tulang ini. Terkadang muncul berbagai keluhan tulang, seperti nyeri tulang yang disebabkan oleh peradangan sendi (rematik), atau keropos tulang (osteoporosis) yang menjadi salah satu pemicu mudah terjadinya patah tulang.
Na’udzubillah….

Selain mempunyai fungsi menopang atau membentuk tubuh, tulang juga berperan melindungi organ di dalam tubuh kita, seperti otak, jantung, paru-paru, hati, ginjal, dan organ reproduksi. Di dalam sumsum tulang juga diproduksi sel-sel darah secara kontinu yang terprogram secara otomatis di luar kesadaran kita. Sungguh, Allah Mahateliti lagi Mahabijaksana. Sendi tulang terbentuk karena adanya pertemuan dua buah tulang untuk memudahkan tubuh kita melakukan berbagai gerakan.

Oleh karena itu, semestinya tulang kita pelihara agar tetap sehat dan kuat. Berikut adalah beberapa tips manfaat yang mudah kita terapkan untuk tetap hidup bersemangat dengan tulang yang sehat.

1⃣. Beraktivitas fisik.

Pola hidup dengan tubuh yang aktif bergerak dan berolahraga diketahui dapat meningkatkan kepadatan tulang kita. Jadi, mulai saat ini, kita azamkan diri untuk lebih banyak menggerakkan tubuh daripada memilih gaya hidup santai dan jauh dari semangat, ya…. Sebagai contoh, kita lebih memilih menggunakan tangga daripada menggunakan lift atau eskalator, lebih memilih naik sepeda untuk destinasi dekat daripada naik sepeda motor, dan menyempatkan melakukan olahraga rutin setiap hari.

2⃣. Mengonsumsi makanan sumber kalsium.

Selain mengonsumsi suplemen kalsium yang dijual di toko, kita juga dapat dengan cerdas menghadirkan aneka menu berbasis sayur dan buah untuk melengkapi kebutuhan kalsium harian kita. Misalnya, kacang-kacangan, sayuran hijau, susu, ikan laut, telur, keju, dan roti. Dengan asupan kalsium yang cukup, insya Allah kita akan terhindar dari kondisi keropos tulang.

3⃣. Menjaga berat badan ideal.

Menjaga berat badan yang sesuai dengan tinggi badan kita juga penting. Hal ini karena berat badan yang berlebih akan membuat lutut kelelahan dan menjadi aus. Jadi, tuntunan “makanlah setelah lapar dan berhentilah makan sebelum kenyang” sebaiknya dapat kita terapkan sebagai salah satu ikhtiar menjaga berat badan yang sesuai.

4⃣. Menjaga postur tubuh dengan baik.

Adakalanya, tanpa kita sadari kita membawa beban berat pada salah satu bahu kita, duduk di kursi dengan posisi yang terlalu membungkuk, atau berdiri santai dengan hanya bertumpu pada salah satu kaki. Kebiasaan-kebiasaan tersebut tanpa kita sadari dapat mengubah bentuk keterpaduan tulang sehingga muncul kondisi punggung yang terlalu bengkok atau bungkuk, nyeri pinggang, dan sebagainya.
Sebaiknya, kita perhatikan berat beban yang kita jinjing. Kita biasakan diri pula untuk dalam posisi tegap, tetapi nyaman, pada saat duduk atau berdiri.

Semoga tips manfaat di atas bermanfaat dan… tetaplah bersemangat dengan tulang yang sehat, insya Allah.

Wallahua’lam bish shawab.

Tips dari
dr. Yuktiana Kharisma, M.Kes.
Bandung, Jawa Barat

Dikutip dari Majalah Qonittah Edisi 36/vol.3/1440H-2019M (hal. 99 – 100)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *