MAKANAN PENGGANTI TABLET TAMBAH DARAH UNTUK BUMIL

KONSULTASI KESEHATAN
Diasuh Oleh: Tim KKM Kiswah

MAKANAN PENGGANTI TABLET TAMBAH DARAH UNTUK BUMIL

❓ Pertanyaan:
Bismillah. Dok, saya sedang hamil 33 minggu. Hb saya normal. Selama hamil, saya tidak pernah minum tablet tambah darah meskipun dianjurkan oleh bidan untuk meminumnya, karena saya pernah meminumnya sekali, tetapi tidak kuat dengan rasanya yang menyebabkan saya muntah-muntah setelah meminumnya. Yang saya tanyakan, makanan apa saja yang bisa menambah Hb sebagai pengganti tablet tambah darah tersebut?
Mohon jawabannya, Dok. Jazakumullahu khaira wa barakallahufikum.

✒Jawab:

Hb normal bukan penanda pasti bahwa cadangan zat besi dalam tubuh mencukupi. Kebutuhan zat besi sangat tinggi pada saat hamil dan menyusui.

Oleh karena itu, diperlukan asupan dan cadangan zat besi yang cukup agar tidak timbul anemia. Kekurangan zat besi dapat memengaruhi fungsi kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya infeksi, menurunkan kualitas hidup, menimbulkan risiko mengalami gangguan mental dan emosi setelah melahirkan, meningkatkan risiko perdarahan ketika melahirkan, dan meningkatkan risiko kelahiran prematur.

🍖 Produk hewani seperti daging merah segar, telur, ayam, dan ikan- ikanan serta susu mengandung zat besi tinggi.

🥦 Produk nabati yang mengandung zat besi tinggi berupa sayur-sayuran hijau seperti bayam dan sawi, juga kacang-kacangan seperti kacang hijau dan kacang polong.

🍋 Vitamin C dapat membantu penyerapan zat besi sehingga disarankan makan makanan yang kaya akan zat besi dengan makanan yang mengandung vitamin C seperti jeruk.

☕🍹❌ Selain itu, selama mengonsumsi zat besi, hindari minuman atau makanan yang mengandung kopi dan teh karena kedua zat tersebut dapat mengurangi penyerapan zat besi.”

Dikutip dari Majalah Qonittah Edisi 36/vol.3/1440H-2019M (hal. 98)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *