TEBARKAN SALAM

بسم الله الرحمن الرحيم

💬💬 Tebarkan Salam 💬💬

●> ​Salam adalah adab islami yang mulia. Bahkan salam adalah ucapan selamat penduduk surga. Ketika Nabi Adam ‘alaihi salam tercipta, Allah سبحانه وتعالى mengajarkan ilmu kepadanya. Kemudian Allah memerintahkan Adam untuk menyapa malaikat dengan salam. Hal ini menunjukkan betapa agungnya ucapan salam.

●> Bahkan dalam salam mengandung doa. Memohonkan keselamatan dan rahmat kepada Allah untuk saudara seiman. Betapa indahnya islam, diantara ajarannya adalah saling mendoakan ketika berjumpa, yaitu dengan salam.

●> Mengucapkan salam kepada sesama Muslim juga mengandung perhatian kepada saudara seiman. Oleh sebab itulah, Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyebutkan bahwa ucapan salam ini akan mengeratkan jalinan saling mencintai sesama Muslim.

●> Subhanallahu, berarti dalam salam, selain doa juga sebagai usaha menjaga ukhuwah seiman. Padahal dua hal ini semuanya penting, dan pahalanya sangat besar.

●> Benar, mengucapkan salam adalah termasuk ibadah kepada Allah. Ibadah yang mudah dilakukan, tidak membutuhkan biaya maupun tenaga ekstra, namun pahalanya besar, Alhamdulillah.

●> Apalagi ketika Salam tersebut dalam rangka mewujudkan ketaatan terhadap perintah Nabi صلى الله عليه وسلم.

Beliau صلى الله عليه وسلم bersabda yang artinya,
“Kalian tidak akan masuk surga, sampai kalian beriman. Dan kalian tidak akan beriman hingga kalian saling mencintai. Apakah kalian mau aku tunjukkan sebuah amalan agar kalian saling mencintai, “Sebarkan salam diantara kalian!.”

💬✅ Nah sahabat, maka sudah sepantasnya bagi kita semua untuk semangat menyebarkan salam. Ucapkanlah salam kepada ayah ibu ketika pamit berangkat ke madrasah, atau ketika pulang. Salam kepada teman saat bertemu, kepada ustadz dan ustadzah, dan siapa saja yang kita temui.

Semoga dengan amalan yang ringan ini, kita termasuk mengamalkan hadist di atas. Sehingga akan mendapatkan pahala yang besar, sekaligus dicintai orang-orang di sekitar kita. Aamiin

Sumber :
Majalah Anak Islam AZKA
Edisi 72 Tahun III. 2019M/1441H. hal:17

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *