PINJAMAN SAMA DENGAN SEPARUH SHODAQOH

Pinjaman Sama Dengan Separuh Shodaqoh

❓Pertanyaan:
Ada yang mengabarkan kepada saya bahwa pinjaman itu senilai dengan separuh shodaqoh, artinya jika saya meminjamkan 20 juta sama saja saya bershodaqoh 10 juta. Apa ucapan teman saya benar ?

✅Jawaban:

👉🏻 “Tidak diragukan bahwa memberikan pinjaman kepada seorang yang membutuhkan adalah amalan yang mulia.

👉🏻 Dengan memberikan pinjaman dan bantuan maka Allah akan memberikan bantuan pula kepadanya, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

والله في عون العبد ما كان العبد في عون اخيه

“Dan Allah senantiasa membantu seorang hamba selama dia membantu saudaranya.”

👉🏻 Diantara keutamaan lain dari memberi pinjaman adalah apa yang ditanyakan penanya. Pinjaman bernilai separuh shodaqoh.

●> Rasulullah shollallohu’alaihi wasallam bersabda:

إن السلف يجري مجرى شطر الصدقة.
“Sesungguhnya pinjaman itu bernilai separuh shodaqoh.”
(HR. Ahmad dalam Al Musnad (1/412) dan Abu Ya’la dan Dishahihkan Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shohihah (4/70 no. 1553) dari Shahabat Abdulloh bin Mas’ud Radhiyallahu ‘anhu.

••> Hadits ini diantara hadits yang memotivasi seorang muslim untuk mewujudkan kasih sayang diantara mereka dengan memberikan manfaat diantaranya pinjaman bagi mereka yang sangat membutuhkan. Allah telah sediakan keutamaan dan pahala yang besar.

••> Hadits ini juga mengingatkan betapa celaka dan ruginya mereka yang mengambil riba dari pinjaman yang mereka keluarkan..Dia tidak mendapatkan keuntungan shodaqoh separuh dari yang dia pinjamkan, sebaliknya dia mendapatkan kemurkaan dari Alloh karena melakukan dosa besar. Allohul Musta’an.”

✏️ (Ditulis oleh: Abu Ismail, Muhammad Rijal ghofarollohu lahu wa liwalidaihi wa lisaairil muslimin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *