KASIHAN BANGUNKAN ANAK SHALAT DI MUSIM DINGIN

💦 KASIHAN BANGUNKAN ANAK SHALAT DI MUSIM DINGIN

❓Soal:

Usia anak-anak saya antara sembilan sampai sebelas tahun. Mereka selalu saya bangunkan untuk Shalat Subuh saat cuaca masih sangat dingin.

Beberapa orang mengatakan kepada saya bahwa itu adalah salah dalam membangunkan anak-anak kecil saat cuaca dingin.

Saya ingin bertanya apakah saya benar-benar berdosa atau tidak?
Saya mohon jawabannya.
Jazakalloohu khoiron

✏Jawab:

“Jika situasinya seperti yang Anda sebutkan, maka Anda telah melakukannya dengan benar, dan semoga Allah membalas amalan Anda dengan sebaik-baik balasan dan menjadikan Anda sebagai contoh yang baik bagi ibu-ibu yang lain.

💬 Adapun orang-orang yang mengatakan kepada Anda bahwa hal itu adalah salah dalam membangunkan anak-anak untuk shalat, sesungguhnya pernyataan itu salah.

Kami berharap semoga Allah Subhanahu wa ta’ala mengampuni mereka dan membimbing mereka untuk melakukan perkara yang benar.

Hal ini telah diriwayatkan oleh Ahmad, Abu Dawud, dan Al-Hakim dari hadits Abdullah ibn Amr radhialloohu ’anhu bahwa Nabi shallallahu alaihi wassalam mengatakan:

(( مُرُوا أَوْلادَكُمْ بِالصَّلاةِ وَهُمْ أَبْنَاءُ سَبْعِ سِنِينَ، وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا وَهُمْ أَبْنَاءُ عَشْرٍ، وَفَرِّقُوا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ ))

“Perintahkanlah anak-anak kalian untuk melakukan shalat ketika mereka berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka bila tidak mengerjakan ketika mereka sepuluh tahun, dan memisahkan mereka dari tempat tidur pada saat mereka tidur”.
(HR. Abu Dawud no: 495; Imam Ahmad (2/197).

☝🏻 Syareat ini berlaku pada setiap saat, baik musim dingin atau sebaliknya.

Fatwa Lajnah Daimah no. 4832 (6/28 ) Ketua: Asy-Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rahimahulloh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *