SETAN TERTAWA?

Setan Tertawa ?

❓Pertanyaan:
Benarkah setan mentertawakan manusia ketika menguap dan tidak menutupi mulutnya?

📝 Jawaban Oleh Ustadz Abu Ismail Muhammad Rijal Lc, حفظه الله تعالى:

“Tidak diragukan bahwa alam jin atau setan termasuk perkara ghaib, dimana kita tidak bisa mengatakan tentang alam ghaib kecuali sebatas apa yang disebutkan Al Qur’an dan As Sunnah.

👉🏻 Mengenai tertawanya setan ketika ada seorang yang menguap dan tidak menutupi mulutnya disebutkan dalam sebuah hadits shahih:

عن أبي هريرة العُطاسُ منَ اللَّهِ والتَّثاؤبُ منَ الشَّيطانِ، فإذا تَثاءبَ أحدُكُم فليَضَع يدَهُ على فيهِ، وإذا قالَ: آه آه فإنَّ الشَّيطانَ يضحَكُ من جوفِهِ، وإنَّ اللَّهَ يحبُّ العُطاسَ ويَكْرَهُ التَّثاؤبَ، فإذا قالَ الرَّجلُ: آه، آه، إذا تثاءبَ، فإنَّ الشَّيطانَ يضحَكُ مِن جوفِهِ

Dari Abu Hurairah Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam bersabda:

“Bersin itu dari Allah, dan menguap dari setan.

Jika salah satu dari kalian menguap, hendaknya dia letakkan (tutupkan) tangannya pada mulutnya, dan jika dia berkata: “Ah, ah,” maka Setan tertawa dari perutnya, dan sesungguhnya Allah menyukai bersin dan membenci menguap.

Dan apabila ada seorang itu berkata: “Ah, ah” jika dia menguap, maka Setan tertawa dari perutnya.”

(HR. At-Tirmidzi no. 2746, Abu Dawud no. 5028 dishahihkan Al Albani)

☝🏻 Hadits ini diantara bimbingan Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam agar kita memiliki adab yang baik dalam kehidupan untuk menggapai keberkahan.

☝🏻 Hadits ini menunjukkan bahwa bersin adalah nikmat Allah. Oleh karena itu dalam beberapa hadits kita disyareatkan mengucapkan  “Alhamdulillah” jika bersin.

🖊️ Berkata Ibnu Hubairoh :
“Jika seorang bersin, itu menunjukkan kesehatan badannya, baiknya pencernaan dan cocoknya makanan yang masuk, sehingga sepantasnya seorang memuji Allah, dan karenanya Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam memerintahkan untuk memuji Allah (mengucapkan Alhamdulillah).
 
Al-Adab Asysyar’iyyah (2/334)

👉🏻💧 Berbeda dengan menguap, yang menunjukkan kemalasan. Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam memerintahkan kita untuk meletakkan tangan pada mulut ketika menguap.

👉🏻 Rasulullah shallallahu ’alaihi wasallam juga mengabarkan bahwa setan akan tertawa ketika kita biarkan menguap dengan bebas, tidak berupaya menutupi dengan tangan.*

Allahu a’lam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *