Lisan Tajam di Dunia Maya

Pertanyaan:

Ada seseorang yang dalam kesehariannya dikenal pendiam. Namun, di dunia maya dia dikenal lisannya tajam. Dikatakan sebagai apa orang seperti ini?


Jawab:

Tentu ini hal yang tidak baik, apalagi sampai dikatakan tajam lisannya. Sesuatu yang tidak baik dia katakan. Kata-kata yang dia tulis menyakiti. Allah mengatakan,


وَقُل لِّعِبَادِی یَقُولُوا۟ ٱلَّتِی هِیَ أَحۡسَنُ

“Katakanlah kepada hamba-hamba-Ku agar mereka mengucapkan yang terbaik.” (Al-Isra’: 53)


Bisa jadi diamnya seseorang lebih berpahala baginya daripada bicaranya sehingga harus dia sadari hal ini. Bisa jadi, diamnya, tidak berbuatnya seseorang, lebih baik bagi dirinya dan bagi umat daripada berbuat. Jadi kita harus berpikir mana yang lebih bermaslahat.


Mungkin saja kita tidak mengerti tentang diri kita lalu orang lain mengajari dan memberitahu kita bahwa sebaiknya kita diam saja karena hal itu bermanfaat bagi kita dan orang lain. Kalau demikian, sebaiknya kita tidak berbuat. Kita ikuti saja saran tersebut.


Nah, ketika yang berbicara adalah orang yang baik dan nashih (pembawa nasihat) itu bagus. Sebagian orang memang lebih baik diam, tidak berbuat atau tidak berbicara. Itu lebih baik di sisi Allah.


[Dijawab oleh Al-Ustadz Qomar Suaidi حَفِظَهُ اللهُ]
Majalah Qonitah 2019. Edisi 36/Vol 3, halaman 86.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *